apa itu Google Educator Groups? (GEG)

apa itu Google Educator Groups?

mungkin di antara kita ada yang belum tahu apa itu Google Educator Groups atau disingkat GEG. Berikut ini saya salinkan dari halaman FAQnya http://www.google.com/intl/id/landing/geg/faq/

  • Mengapa Google menginspirasi terciptanya GEG?
    Google yakin bahwa Google Educator Groups akan membantu membangun kapasitas pengajar dan berkontribusi untuk keseluruhan misi google dalam memajukan masyarakat, dengan mendorong akses ke teknologi terbuka dalam pendidikan.
    Para guru bertindak sebagai pemimpin inspiratif dengan memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan kelasnya. Mereka bukan hanya membangkitkan semangat siswa untuk menjadi pelajar yang lebih baik di kelas, tetapi juga membuka pemikiran mereka untuk menjadi lebih baik di setiap aspek kehidupan. Dengan mendukung GEG, Google berharap dapat membangun dan mendorong lingkungan yang tidak hanya menerima teknologi Google dan teknologi terbuka, tetapi juga menerapkannya dalam pendidikan, sehingga memungkinkan siswa untuk menerapkan teknologi baik di kelas maupun dalam kehidupan.
  • Apa itu Lokakarya Guru Google?
    Di banyak negara, kalangan pengajar pun kurang melek web. Untuk meningkatkan taraf melek web dan memfasilitasi pembuatan Google Educator Groups, Google akan mengadakan Lokakarya Guru Google. Google akan menggunakan Kurikulum GEG dalam lokakarya ini, untuk memberi pelatihan kepada guru tentang dasar-dasar Gmail, Drive, Penelusuran, Maps, Google+, YouTube, dan Sites. Lokakarya ini memungkinkan pengajar yang tertarik untuk lebih mengembangkan keterampilan teknologinya. Kami juga memandang lokakarya ini sebagai lingkungan tempat dimulainya grup GEG dan melanjutkan pertemuan untuk saling membangkitkan semangat dan menginspirasi dalam menggunakan teknologi terbuka untuk pembelajaran.
  • Adakah program sertifikasi Google bagi guru?
    Ya. Google for Education saat ini menawarkan sertifikat berikut, atau sertifikasi bagi pengajar:

    • Sertifikat Ujian Dasar
    • Pengajar Google
    • Guru Tersertifikasi Google

    Pelajari lebih lanjut masing-masing sertifikat tersebut dengan mengunjungiPusat Pembelajaran Google for Education.

  • Bagaimana GEG membantu saya mendapatkan sertifikasi Google?
    Di GEG, dengan saling terhubung dan saling berbagi dengan pengajar lainnya, Anda dapat mempelajari dasar-dasar alat Google dan cara memenuhi kebutuhan siswa secara lebih baik melalui solusi Google. Selain itu, meskipun ada banyak acara GEG yang bersifat tidak formal dan santai, ada juga acara yang lebih formal, seperti lokakarya GEG, yang dapat Anda gunakan untuk terlibat secara aktif dengan kurikulum pengembangan profesional Google, seperti kurikulum GEG. Pertemuan tersebut juga dapat digunakan sebagai grup studi, tempat pengajar dapat mengajukan pertanyaan selama berlatih kursus Tingkat 2 dan belajar untuk menghadapi ujian yang diperlukan agar bisa menjadi Pengajar Google. Di negara dengan sambungan internet yang tidak merata, pertemuan GEG juga dapat digunakan untuk memberikan tempat dengan konektivitas, yang memungkinkan peserta untuk duduk dan mengikuti kursus Tingkat 2 atau ujian yang diperlukan untuk menjadi Pengajar Google.
  • Saat ini GEG didukung di negara mana saja?
    Lihat laman Grup untuk mengetahui negara yang saat ini meluncurkan GEG, dan di mana saja dukungan untuk GEG akan segera hadir. Terus pantau untuk mendapatkan kabar terbaru.
  • Dengan cara apa Google mendukung program GEG?
    Berikut ini penjelasan mengenai beberapa cara Google untuk membantu dan memberi dukungan kepada GEG.

    • Memberikan akses ke Portal pemimpin GEG, termasuk gudang aktivitas dan ide acara, kepada pemimpin GEG
    • Memberikan bantuan berbentuk buku catatan dan bolpoin.
    • Menyediakan akses internet untuk pertemuan dalam bentuk tempat atau perangkat yang terhubung dengan baik
    • Menyediakan konsumsi untuk pertemuan
    • Mengadakan konferensi Pemimpin GEG lokal yang diselenggarakan oleh Google
  • Apakah GEG juga akan berfokus pada teknologi non-Google?
    Tidak ada persyaratan untuk acara GEG. Jika ada minat terhadap teknologi selain yang ditawarkan oleh Google, pimpinan GEG dapat memilih untuk membahasnya juga.
  • Dapatkah Anda melakukan beragam hal untuk pengembang? Atau untuk bisnis yang tertarik dengan teknologi Google?
    Itu bukan fokus utama GEG. Namun, Anda dapat melihat Google Developer Groups (GDG) atau Google Business Groups (GBG).