Animasi flash 1

Menurut saya, Animasi adalah gambar yang bergerak. Cara paling sederhana (manual) adalah dengan menggambar dengan pensil atau pulpen di pojok kanan bawah buku sebanyak mungkin dan berkesinambungan, terus di bukak tutup aja bukunya. ^^ ‘ Tapi untuk membuat animasi dengan cara manual perlu ‘ketelatenan’ yang tinggi, belum lagi kalo salah menggambar. Berikut ini adalah contoh animasi yang digambar menggunakan pensil.


Beruntunglah saya di lahirkan pada masa seperti sekarang ini, dimana sudah terciptanya komputer yang canggih *hehehe. Sekarang membuat animasi sudah menggunakan software yang di jalankan melalui komputer. Software yang biasa digunakan untuk membuat animasi yaitu (setahu saya *hihi*)  flash (2d) dan 3d max (3d). Tentunya ada software-software lainnya yang digunakan selain yang saya sebutkan diatas. Berikut ini adalah contoh animasi persegi sederhana :



Caranya? simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini. Check this Out (*Cekidot*) :

  1. Hal yang paling pertama dilakukan tentunya membuka aplikasi flash pada komputer.
  2. Setelah itu pilih create new flash file.
  3. Gambarlah sebuah persegi pada frame 1 dengan cara klik rectangle tool atau tekan ‘R’ pada keyboard,  atur ukuran persegi dari panel properties dengan ukuran W=67, H=67.
  4. Tempatkan persegi itu di pojok kiri atas dengan cara klik keyframe 1 yang berisi gambar persegi, lalu klik menu modify –> align –> to stage, lalu lagi menu modify–> align –> pilih left  dan menu modify –> align –> pilih right. Atau dengan memuncul kan panel align dengan cara klik menu windows –> pilih align, maka panel align akan muncul di sebelah kanan.
  5. Klik kanan pada frame 1, pilih create motion tween.
  6. klik kanan pada frame 20, pilih insert keyframe.
  7. Masih pada frame 20, pindah kan persegi ke tengah stage. Caranya : klik align center pada panel align.
  8. Insert keyframe lagi pada frame 40, pindah kan persegi ke pojok kanan, dengan cara : klik align right.
  9. Lakukan hal yang sama pada frame 55, 70, 90, 110, 125, 140. Tempatkan gambar persegi sedemikian rupa sehingga bisa menciptakan animasi mengelilingi stage.
  10. Jika di rasa sudah selesai, tekan ‘ctrl+enter’ untuk melihat hasil animasinya.

Selamat mencoba……. ^__^