Lebih baik mencegah daripada mengobati (windows xp)

Mungkin judul postingan adalah obat mujarab agar kita terhindar dari semua penyakit. Termasuk yang namanya penyakit komputer yaitu virus komputer.

Sebelumnya ‘virus’ dikenal sebagai sumber penyakit yang mampu berpindah dan menularkannya pada manusia yang lainnya. Namun dalam dunia komputer ternyata ada juga yang namanaya ‘virus’,  tentunya definisi virus yang ini berbeda. Virus komputer adalah sebuah program komputer yang sama sekali bukan untuk membantu tapi untuk merusak dan mengacaukan komputer. Entah apa  motivasi dan tujuan oleh ‘pembuat virus’ itu.

Agar kita terhindar dari virus-yang merusak ini maka yang dilakukan adalah tindakan pencegahan, yaitu mencegat atau menghadang virus itu di pintu masuknya. bagaimanakah caranya?

Pintu masuknya virus di komputer kita sering kali melalui fasilitas autoplay. Kegunaan autoplay sesungguhnya adalah untuk memudahkan user agar ketika memasukkan cd ato flashdisk maka akan secara otomatis keluar isi cd ato flashdisk itu….eh malah disalahgunakan oleh pembuat virus…justru dari situ lah virus itu mampu menyebarkan dirinya secara otomatis kedalam komputer. untuk itu kudu n wajib dilakukan pen’disable’an autoplay pada windows xp. Cara sangat mudah, yaitu :

  1. klik start lalulih run…atau dengan menekan tombol ‘logo window‘ dan ‘R‘ pada keyboard…maka akan keluar kotak run.
  2. ketik gpedit.msc………untuk membuka kotak Group Policy.
  3. pilih  Computer Configuration
  4. pilih Administratif Templates.
  5. kemudian pilih System
  6. lalu cari dan klik dua kali pada kata2 Turn Off Autoplay.
  7. maka akan keluar kotak Turn Off Autoplay Properties, pada tab setting terdapat pilihan
  8. pilih Enable dan pilih All Drive
  9. lalu OK….

Dengan begitu komputer anda ga akan begitu mudah terkena virus.

Pintu yang lain virus masuk komputer anda adalah ketika flash disk terjangkit virus dari komputer teman atau komputer warnet pasti dalam flashdisk akan ada file2 virus jika file tersebut di klik maka jadilah komputer kita pun terinfeksi juga.

Berikut ini adalah tindakan pencegahan yang berikutnya,yaitu mengubah tampilan (view) exploler kita. Mungkin langkah yang satu ini dianggap remeh namun ketika di coba pasti ada gunanya juga.  hal yang terpenting adalah kita kudu hapal file apa saja yang ada di komputer kita. Cara mengubah tampilannya adalah:

  1. buka exploler windows. terserah dengan cara apa…….contohnya tekan logo windows dan E pada keyboard.
  2. klik kanan pada blok bagian kanan (berisi nama file n folder) bukan blok kiri yang nampak direktori2nya.
  3. pilih View, lalu pilih yang Details.
  4. klik kanan lagi pilih Type.
  5. klik kanan lagi pilih Show in Group.
  6. klik menu Tool, pilih Folder Option….
  7. maka akan muncul kotak Folder Option.
  8. klik pada tab view, lalu klik Apply to All Folder, lalu pilih Show hidden file and folder dan hilangkan centang pada Hide extentions for known file types.
  9. lalu klik ok.

Langkah2 diatas mungkin kelihatannya sederhana dan remeh namun dengan melakukannya kita akan mengetahui apakah ada file yang aneh yang kita tidak merasa mempunyai file tersebut. bisa jadi file itu adalah ….virus….dengan mengelompokkan nya sesuai tipe file dan memunculkan file2 yang disembunyikan (hidden file) terbukti efetif untuk mencegah virus masuk komputer. Maka dari itu kita kudu n wajib hapal ma file2 yang dimasukkin ke flashdisk ato ke Hardisk komputer kita.

Berikut ini adalah contoh-contoh file yang bukan milik kita namun tiba2 ada di flashdisk kita….(alias virus):

  1. autorun.ini
  2. boot.exe
  3. microsoft.lnk
  4. harry potter……lnk
  5. thumb.db (khususnya yang berkapasitas 9kb)
  6. ato file2 yang berekstensi .scr .htt dll lah
  7. pokoknya yang aneh2 lah……yang kita gag ngerasa memasukkan file tersebut.

maka dari itu waspadalah-waspadalah…..trims…

dan yang terakhir langkah2 pencegahan kemasukan virus adalah pasang antivirus yang mampu menscan secara otomatis ketika flashdisk masuk…..seperti ANSAV, PCMAV, dan SMADAV…….mereka mempunyai fasilitas menscan otomatis setiap ada flashdisk yang masuk di komputer….

Trims….