PCI INTERNAL TV TUNER

I. Pendahuluan

Pada awal diperkenalkan, radio, televisi, dan video player menjadi primadona untuk hiburan di rumah. Sedangkan komputer hanya untuk mengolah data. Sekarang, cukup dengan menambahkan piranti kartu TV Card ke dalam komputer, maka semua hal yang ada pada radio, televisi, dan video player dapat terpenuhi.

TV Card merupakan perangkat multimedia yang memungkinkan komputer dapat menangkap siaran televisi dan menampilakannya pada monitor komputer. Selain itu, dengan menggunakan TV Card, kita dapat merekam siaran televisi yang kita perlukan.

Ada dua jenis TV Tuner,  yaitu TV Tuner internal (TV Card) dan TV Tuner eksternal (TV Combo). TV Tuner internal merupakan jenis TV Tuner yang dipasang pada slot ekspansi komputer, dan TV Tuner eksternal merupakan jenis TV Tuner yang bisa langsung dihubungkan ke monitor komputer.

Apa saja bagian – bagian dari TV Card sehingga dapat kita gunakan untuk menangkap siaran televisi pada computer kita?

pci card tvGambar TV card

II.   Bagian – Bagian TV Card

Sebuah TV Card terdiri dari beberapa komponen penyusun. Ada tiga bagian utama, bagian input, bagian konversi data dan bagian output. Berikut adalah Blok diagram dari TV Card:

blok diagram tv

Blok Diagram TV Card

a. Bagian Input

Sebagaimana perangkat Televisi Analog, TV Card dilengkapi dengan Analog TV Tuner yang berfungsi sebagai terminal sinyal input. Pada beberapa TV Tuner, dilengkapi juga dengan FM Tuner sebagai fitur tambahan.

Selain itu, TV Tuner juga dilengkapi dengan Jack Video Input. Pada beberapa TV Card, disertakan pula input audio-video untuk memutar dan capturing dari perangkat video atau kamera.

b. Unit Pemroses

Bagian ini adalah sebuah chip yang bertugas sebagai tempat konversi dari sinyal analog yang diterima oleh tuner diubah menjadi sinyal-sinyal digital. Kinerja unit pemroses ini dibantu oleh sebuah memori berjenis ROM (read Only Memory) yang berisi database TV Card yang telah terprogram sebelumnya.

c. Bagian Output

Output dari TV Card yang berupa video diproses dan terhubung dengan slot ekspansi pada motherboard. Umumnya TV Card menggunakan slot PCI untuk menunjang transfer data dengan computer. Bagian output audio memiliki jalur terpisah, yaitu masuk ke bagian audio input pada motherboard.

III. Fitur yang ada dalam TV Card

Pada Beberapa TV Card disuntikkan berbagai macam accessories audio video. Diantaranya adalah : FM Tuner, Video Input dan S Video Input.

Jadi, dalam satu unit TV Card, memiliki beberapa alat tambahan, yaitu dapat digunakan sebagai FM Receiver dan sebagai Input Audio Video dari perangkat elektronik lainnya, misal : DV Cam, CD atau DVD Player, Game Console, web Cam dan lain sebagainya.

gambar

fitur tambahan pada tv card

IV.    Kinerja TV Card

TV Card dapat digunakan untuk menampilkan dan merekam acara tv melalui bus PCI dalam sebuah computer, oleh sebuah chip tunggal.

Chip tersebut menggabungkan 2 video ADCs 9 bit dan seluruh masukan dari rangkaian decoding untuk beberapa sinyal analog TV seperti: NTSC, PAL dan SECAM, termasuk sinyal yang tidak standart seperti play back dari VCR.   Penyaring Multi line digunakan untuk melakukan sinkronisasi sinyal agar menghasilkan kualitas gambar yang bagus, pemisahan bagian, kejelasan dan bandwith yang tinggi. Video yang tampil dapat diolah untuk direkam, dipotong (crop) ataupun diperbesar ukuranya dengan menggunakan sebuah aplikasi dari masing-masing TV Card. Dengan menggunakan software aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menangkap video ke CPU untuk dikompres, dan menulis video ke layar dari sumber video yang sama tapi dengan resolusi, warna, dan frame yang berbeda.

Tugas kedua dari Chip tersebut adalah menggabungkan audio analog dan dikembalikan menjadi fungsi sebagai soundcard.

Ekstensi aplikasi yang mungkin adalah kompresi  MPEG, atau proses aplikasi yang lain. Data yang telah dikompres kembali melewati peripheral interface, pada format serial atau paralel, ditangkap dengan sistem memori yang melewati PCI-bus. Transport Stream (TS) dari decoder chanel  DTV/DVB dapat dicapture melewati peripheral interface dengan cara yang sama.

blok lagiDiagram analogi Chipset pada TV Card

Video dan transportasinya dikumpulkan pada FIFO konfigurasi dengan kapasitas totalnya adalah 1 kB. Monitor pengontrol DMA mengisi tingkat FIFO dan menulis audio dan video yang termasuk chanel DMA. Ruang alamat virtual memori yang ditranslate dalam pengalamatan  physical (bus) dengan hardware on-chip Memory Management Unit (MMU).

Aplikasi chipset tersebut didukung oleh desain ereferensi dan pengesetan driver untuk sistem operasi pada Windows.

V.   Kelebihan dan Kekurangan TV Tuner.

Keuntungan dari penggunaan TV Card adalah :

–          Dapat menerima semua decoder tv standar: NTSC, PAL, dan SECAM.

–          Memiliki lima analog masukan video: CVBS dan S-video.

–          Pendigitalan video menggunakan dua ADCs 9-bit pada 27 MHz. Sehingga menghasilkan Video dengan kualitas kurang lebih 750 pixel/line.

–          Otomatis mendeteksi TV standar.

–          Dapat mengontrol kecerahan, kontras, saturasi, dan warna.

–          Pilihan filter bandwitdth serba guna.

–          Dapat menampilkan dengan menaik-turunkan scaling secara horizontal dan vertikal .

–          Output pada YUV dan RGB.

–          Kompensasi gamma.

–          Dapat menjalankan program lain pada saat yang bersamaan.

Kekurangan TV Card:

–          Membebani kinerja processor.

–          Dapat digunakan hanya pada saat komputer dihidupkan.

–          Membutuhkan Free Space yang lebih pada Hard disk untuk melakukan perekaman.

V. Daftar Pustaka

Diakses dari www.wikipedia.com tanggal : 2 April 2008, pukul 20:25 WIB

Diakses dari www.conexant.com, RED-200463-001.pdf, RED-200454-001.pdf. tanggal 2 April 2008, pukul 21.03 WIB